Senin, 15 Maret 2010

[II3062]Self Generating Code

Wow, dari judulnya sudah terlihat kalau tugas kali ini aneh bin ajaib! Bagaimana tidak, kali ini kami diminta untuk membuat sebuah kode yang menghasilkan dirinya sendiri. Setelah bergoogling-googling ria, akhirnya saya menemukan sebuah situs Setelah baca-baca setengah paham, saya pun mencari-cari lagi implementasi self generating code ini.
Setelah menggabung-gabungkan beberapa sumber, akhirnya saya menemukan inti dari permasalahan ini, yaitu : program terdiri dari 2 bagian, yaitu bagian untuk meng-output program, dan bagian 2 adalah bagian yang dituliskan yang merepresentasikan kode itu sendiri. Saya memutuskan untuk menggunakan bahasa pemrograman PHP untuk tugas kali ini.

Berikut kodenya :
Hasilnya adalah :

Rincian kode :

- $babagenerator adalah sebuah variabel yang digunakan untuk menyimpan string yang ingin ditulis.
- %c adalah formatting berupa karakter dan %s adalah formatting berupa string. Dalam kasus di atas, %c diassign dengan 34, ASCII character yang berarti tanda """ (kutip dua) dan string diassign dengan $babagenerator yang berisi
Karena dalam variabel babagenerator ada variabel itu juga, maka terjadi proses rekursif dimana dia memanggil dirinya sendiri.

Yang terjadi ketika proses ini dipanggil adalah, %c akan digantikan dengan 34 dan $s akan digantikan dengan isi dari variabel babagenerator sehingga terciptalah proses rekursif yang menghasilkan output seperti source code yang kita tulis sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar